Unsur Logam Terdeteksi di Atmosfer Mars

Penulis: Elfa | Editor: Reza Perdana

Unsur Logam Terdeteksi di Atmosfer Mars

MAVEN mengorbit Mars (Fox News)

Minggu, 16 April 2017 | 13:04

Analisadaily - Mars Atmosphere and Volatile Evolution (MAVEN) NASA menemukan adanya logam yang terdeteksi di atmosfer Planet Mars. Logam yang terdeteksi termasuk, besi, magnesium dan natrium ion selama dua tahun terakhir.

"MAVEN mendeteksi kehadiran permanen logam di ionosfer dari sebuah planet selain Bumi," kata pemimpin peneliti, Joseph Grebowsky, dari NASA Goddard Space Flight Center di Greenbelt, Maryland.

"Ion-ion logam memiliki daya tahan lama dan diangkut oleh angin netral, dan medan listrik, mereka dapat digunakan untuk menyimpulkan gerak di ionosfer. Mirip dengan cara kita menggunakan daun lofted untuk mengungkapkan arah mana angin," tambah Grebowsky.

Logam berasal dari partikel debu antarplanet yang turun di atmosfer Mars terus menerus. Dilansir dari Fox News, Minggu (16/4), ion-ion ini berbeda dengan di Bumi karena planet kita memiliki medan magnet global yang kuat dan Mars tidak.  

Mempelajari dua sistem yang berbeda ini, bisa membantu para ilmuwan lebih memahami dampak debu dan dinamika atmosfer di seluruh tata surya.

"Mengamati ion logam di planet lain memberi kita sesuatu untuk membandingkannya dengan Bumi, untuk memahami kimia ionosfer dan atmosfer yang lebih baik," terangnya.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar