Seorang Pastor Temukan Berlian 706 Karat

Penulis: Aldi Aulia Anwar | Editor: Eka Azwin Lubis

Seorang Pastor Temukan Berlian 706 Karat

Berlian yang ditemukan seorang pastor di Sierra Leone dengan kadar 706 karat (Reuters)

Sabtu, 18 Maret 2017 | 17:13

Analisadaily - Seorang pastor di Sierra Leone menemukan sebongkah 'harta karun' yang memiliki nilai sangat penting.

Emmanuel Momoh merupakan seorang pastor yang juga berprofesi sebagai penambang. Dia berhasil menemukan sebuah potongan berlian besar dengan kadar 706 karat.

Pastor Momoh kemudian menyerahkan berlian itu kepada Presiden Ernest Bai Koroma untuk disimpan di bank sentral Sierra Leone.

Dalam waktu dekat, Pemerintah Sierra Leone berencana melelangnya. Diyakini, berlian 706 karat itu bernilai jutaan dolar Amerika Serikat.

Presiden Ernest mengucapkan terima kasih kepada semua pihak karena tidak menyelundupkan berlian tersebut keluar negeri.

Menurut laporan Reuters, Sabtu (18/3), berlian itu pernah memicu perang saudara selama satu dekade yang berakhir tahun 2002 lalu dengan korban tewas mencapai 50.000 orang. 

Kelompok pemberontak memaksa warga sipil untuk menambang berlian, lalu dana hasil tambang digunakan untuk membeli senjata sehingga muncul istilah 'berlian darah'.

Meskipun berlian tersebut memiliki ukuran yang cukup besar, namun itu bukanlah penemuan terhebat di benua Afrika.

Sebelumnya, berlian terbesar pernah ditemukan di Afrika Selatan tahun 1905 dengan kadar 3.106 karat yang kemudian dipotong dan dipoles menjadi beberapa permata. Bahkan dua potongan terbesar berlian itu digunakan untuk mahkota kerajaan Inggris.

Sebelum penemuan berlian 706 karat di Sierra Leone, tahun 2015 lalu sebuah berlian dengan kadar 1.111 karat juga ditemukan di sebuah tambang di Botswana.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar