Satelit SpaceX Sukses Mengorbit

Penulis: Kiki Safitri | Editor: Reza Perdana

Satelit SpaceX Sukses Mengorbit

SpaceX (Fox News)

Senin, 7 Maret 2016 | 13:02

Analisadaily - Setelah serangkaian penundaan, roket SpaceX akhirnya sukses mendarat di ruang angkasa dan berhasil mengorbit. SpaceX Falcon 9 meluncur dalam perjalanan brilian dari Canaveral Station Florida Cape Angkatan Udara di Florida.

Keberangkatannya tercatat pada tanggal 4 Maret kemarin dalam misi memberikan SES-9 komunikasi komersial satelit ke orbit. Hal ini dilakukan untuk pelanggan mereka yang berbasis di Luksemburg SES.

"Rocket mendarat keras di droneship," tulis CEO SpaceX, Elon Musk, melalui Twitter, seperti dilansir dari Fox News, Senin (7/3).

SpaceX berusaha mendarat pada tahap pertama dari roket Falcon 9. Sekitar 2,5 menit setelah lepas landas, tahap pertama dari Falcon 9 dipisahkan dari tahap atas, guna mengeluarkan bahan bakar dan mesin untuk kembali ke bumi. Nantinya awak mendarat di Samudera Atlantik beberapa ratus mil di lepas pantai Florida.

Pada tiga kesempatan sebelumnya, Januari 2015, April 2015 dan Januari 2016, Falcon 9 tahap pertama berjalan mulus dalam pendaratan, akhirnya terguling di dek kapal dan kemudian meledak. 

Hanya dua bulan yang lalu, Desember 2015, SpaceX berhasil mendaratkan Falcon 9 tahap pertama di daratan Cape Canaveral. Pendaratan menandai pertama kalinya hal ini pernah dilakukan selama peluncuran orbital.

Tags :

#SpaceX #Roket

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar