Populasi Binatang Ini Tinggal 3 Ekor

Penulis: Elfa | Editor: Ria Situmorang

Populasi Binatang Ini Tinggal 3 Ekor

Antelop (BBC)

Sabtu, 7 Mei 2016 | 17:09

Analisadaily - Semakin banyak jenis hewan yang dinyatakan terancam punah oleh pemerhati binatang. Jenis bintang yang masuk ke dalam katagori terancam punah selanjutnya adalah Antelop, mamalia yang bentuknya menyerupai kambing dengan tanduk tegak lurus ke atas.

Binatang ini mirip kijang tetapi bukan kijang. Ia justru termasuk jenis sapi. Hewan ini merupakan anggota dari famili bovidae. Antelop memiliki panjang kepala dan badan sekitar 1200 mm dengan panjang ekor 178 mm, tinggi pundaknya 812 mm dan berat rata-rata antelop dewasa adalah 73 kg.

Kulit punggungnya berwarna cokelat gelap sedangkan sisi samping badan dan sisi luar tungkai berwarna kuning kecokelatan, di bagian dalam dan lingkar mata berwarna putih. Antelop jantan memiliki warna kulit yang semakin gelap pada usia tua.

Antelop pada umumnya hidup berkelompok diwilayah terbuka, meskipun pada beberapa pengamatan sebagian dari mereka hidup di wilayah yang lebih rindang seperti pinggiran hutan. Antelop banyak ditemukan di wilayah luas di Afrika Utara, di gurun Sahara dan di daerah padang rumput Sahel. Pada Maret 2016 pihak konservasi melakukan survei ekstensif untuk menilai status spesies ini. Tim udara menjelajahi lebih dari 3.300 km lokasi Antelop dan, tim di darat menjelajahi lebih dari 700 km di seluruh habitat Antelop.

"Kami menyaksikan secara nyata kepunahan spesies ikonik ini. Sebelumnya mereka sangat banyak. Pada tahun 2001, masih ada 200 ekor. Perburuan illegal tidak terkendali. Habitatnya nyaris hilang. Antelop tinggal tiga ekor lagi," kata Jean-Christophe Vié, pemimpin Program Spesies Global IUCN

Kepunahan mereka juga dipengaruhi pergolakan politik yang intens. Konflik Libya tahun 2011, di mana milisi bersenjata masuk ke habitat mereka. Lalu, dilaporkan dari BBC, Sabtu (7/5), industri minyak Niger juga telah menyebabkan gangguan signifikan. Hewan lain di kawasan ini juga terancam karena alasan yang sama, termasuk cheetah, rusa dama dan kijang bertanduk slender.

Peningkatan perlindungan bagi mereka yang hidup di Termit dan Tin-Toumma National Nature Reserve di Niger timur juga sedang diusulkan, karena kawasan ini merupakan rumah bagi sekitar 300 jenis hewan.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar