Pedang Berusia 2.300 Tahun Masih Mengkilap

Penulis: Aldi Aulia Anwar | Editor: Ria Situmorang

Pedang Berusia 2.300 Tahun Masih Mengkilap

Ilustrasi (Chandao.co.uk)

Kamis, 5 Januari 2017 | 18:38

Analisadaily – Dunia maya sedikit dikejutkan dengan sebuah video dari Tiongkok yang mengungkapkan sebuah pedang bermata dua yang diduga berusia lebih dari 2.300 tahun masih dalam kondisi mengkilap saat pertama kali ditarik dari sarungnya.

Artefak itu ditemukan di sebuah makam di kota Xinyang, provinsi Henan, Tiongkok. Diduga pedang perunggu kuno itu berasal dari periode peperangan pada tahun 475-221 sebelum Masehi, seperti dikutip dari Fox News, Kamis (5/1).

Dalam video berdurasi satu menit yang diunggah di YouTube itu terlihat para ilmuwan dengan menggunakan sarung biru membuka secara perlahan pedang tersebut secara perlahan dan terlihat pedang masih dalam kondisi mengkilap.

Meski hal itu sedikit mengejutkan bagi para peneliti, namun sejauh ini belum ada penjelasan atau keterangan lebih rinci terkait perihal penemuan artefak tersebut.

Pedang kuno tersebut bukanlah satu-satunya penemuan hebat yang ditemukan di negara berjuluk negeri tirai bambu itu baru-baru ini. Pasalnya, para pekerja konstruksi di Guangzhou berhasil menemukan fosil dari spesies baru dinosaurus yang dijuluki Mud Dragon.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar