NASA Gunakan 'Pressure-Sensitive Paint' Untuk Menguji Roket

Penulis: Elfa | Editor: Ria Situmorang

NASA Gunakan 'Pressure-Sensitive Paint' Untuk Menguji Roket

Alat Pressure-Sensitive Paint (Ubergizmo)

Senin, 30 Januari 2017 | 09:38

Analisadaily - Mengirim roket ke ruang angkasa merupakan proses mahal dan sangat mengecewakan saat roket tidak sampai pada tujuan karena berbagai faktor. Untuk meminimalisir kegagalan pengiriman roket ke luar angkasa, NASA membuat sebuah alat penguji bernama Pressure-Sensitive Paint.

“Pesawat ruang angkasa harus dirancang untuk menahan kekuatan-kekuatan dinamis atau disebut hentakan, dan risiko terguncang. Data tekanan yang divisualisasikan terlihat dari warna. Merah berarti tekanan lebih tinggi dari rata-rata dan biru berarti tekanan lebih rendah dari rata-rata. Warna menentukan bagaimana roket mencapai kecepatan supersonic,” kata perwakilan NASA, seperti laporan dari Ubergizmo, Senin (30/1).

Pressure-Sensitive Paint sebenarnya telah digunakan sebelumnya untuk penelitian kecil oleh tim Angkatan Udara. Dipimpin oleh Jim Ross dan Jayanta Panda dari NASA, mereka memastikan Pressure-Paint bekerja dengan bereaksi pada oksigen untuk menghasilkan cahaya. Apa yang terjadi adalah perubahan yang berbeda dalam kandungan alat. Ilmuwan dan peneliti sekarang dapat memvisualisasikan dan mengetahui perubahan kecepatan roket.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar