Kapal Selam Boaty McBoatface Jelajahi Antartika

Penulis: Elfa | Editor: Christison Sondang Pane

Kapal Selam Boaty McBoatface Jelajahi Antartika

Boaty McBoatface (BBC)

Selasa, 14 Maret 2017 | 13:52

Analisadaily - Kapal selam kuning bernama Boaty McBoatface melakukan perjalanan pertamanya untuk menjalajahi Antartika. Kapal selam ini akan memetakan pergerakan perairan untuk melihat bagaimana iklim bumi saat ini.

Kapal selam merupakan alat sejenis robot yang dikembangkan oleh Autosub Long Range di Southampton National Oceanography Centre (NOC). Kapal selam juga dirancang untuk iklim Antartika yang begitu beku.

Pada perjalanannya, kapal akan melintasi bagian Passage Orkney hingga ke semenanjung White Continent. Dilengkapi gambar tiga dimensi, peneliti akan mengetahui apa yang terjadi sebenarnya di Antartika.

Misalnya, bukti lebih akurat terjadinya pemanasan yang membuat sebagian es mencair atau kenaikan permukaan air laut.

Boaty McBoatface mulai melakukan penjelajahan di Antartika (BBC)

Boaty McBoatface mulai melakukan penjelajahan di Antartika (BBC)

“Relevansi bagi ekosistem bentik menjadi alasan mengapa air laut naik. Jadi, binatang yang hidup di dasar laut biasanya dapat mengatasi dengan baik suhu rendah tetapi tidak semua dari mereka dapat mengatasi perubahan suhu. Fakta bahwa air di Antartika semakin hangat mungkin memiliki signifikan konsekuensi bagi hewan-hewan ini,” kata Prof Mike Meredith dari British Antarctic Survey (BAS).

"Boaty akan membuat pengukuran stream dan river dari gerakan terkecil hingga besar untuk mencoba memahami bagaimana air berubah saat meninggalkan daerah formasi sekitar Antartika dan kemudian menyebar keluar atas lautan di dunia," tambahnya dilansir dari BBC, Selasa (14/3).

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar