Bulan Saturnus Mampu Mendukung Kehidupan

Penulis: Elfa | Editor: Reza Perdana

Bulan Saturnus Mampu Mendukung Kehidupan

Encladus (BBC)

Jumat, 14 April 2017 | 11:57

Analisadaily - Enceladus, bulan Saturnus menjadi salah satu planet yang dipercaya mampu memberikan dukungan untuk kehidupan selain di Bumi. Analisis kimia menjelaskan, dasar laut Enceladean memiliki ventilasi fluida panas.

"Kami yakin, laut internal Enceladus layak huni dan kami harus kembali dan menyelidiki lebih jauh," kata ilmuwan Cassini, Dr. Hunter Waite dari Southwest Research Institute di San Antonio, Texas.

"Jika tidak ada kehidupan di sana, mengapa tidak? Dan jika ada, itu lebih baik," tambahnya, seperti dilansir dari BBC, Jumat (14/4).

Permukaan laut Enceladus terus cair dengan panas yang dihasilkan dari gravitasi konstan. Pihak peneliti Cassini meyakini, cairan tebal ini merupakan batuan dari jenis garam dan silika yang juga telah terdeteksi selama penelitian.

Mineral dalam batuan ini menggabungkan molekul H2O ke dalam struktur kristal untuk melepaskan hydrogen. Beberapa mikroba tercipta sebagai sumber energi untuk menggerakkan metabolisme. Ini adalah sinyal definitif untuk molekul hidrogen dalam gumpalan Enceladus.

"Jika ada mikro-organisme, hidrogen akan seperti permen. Itu adalah makanan favorit Anda," jelas Dr Chris McKay, seorang astrobiologis dengan Badan Antariksa AS (NASA).

Jenis mikroba yang dijelaskan oleh Dr. McKay disebut metanogen, karena mereka membuat metana bereaksi dengan hidrogen dan karbon dioksida. Meski begitu, masih saja ada kekhawatiran. Salah satu kekhawatiran adalah tentang Ion dan Netral Mass Spectrometer.

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar