Alasan Mengapa Pluto Miliki Gunung Es Terbesar

Penulis: Elfa | Editor: Eka Azwin Lubis

Alasan Mengapa Pluto Miliki Gunung Es Terbesar

Es di Pluto (Fox News)

Selasa, 10 Januari 2017 | 10:26

Analisadaily - Dingin, gelap, jauh, tetapi memiliki gunung es terbesar yang belum pernah ada di planet manapun. Itulah gambaran pluto.

Pluto adalah rumah bagi pegunungan es raksasa. Setelah bertahun-tahun meneliti hal tersebut, ilmuwan akhirnya memahami mengapa banyak gunung es yang terdapat di planet pluto.

Fitur erosi yang terbentuk pada pluto disebut penitents dan meningkat lebih dari 1.600 kaki per tahun. Peningkatan ini lebih tinggi dari Empire State Building. Setiap gunung es berdiri sekitar dua sampai tiga mil secara terpisah.

"Ukuran raksasa ini diprediksi karena teori yang sama dengan pembentukan gunung es di bumi. Proses yang disebut sublimasi," kata John Moores, asisten profesor teknik ruang di York University Toronto.

"Bahkan, kami juga menemukan rincian ukuran dan jarak dari satu gunung ke gunung lain dan umur gunung es disana. Tiga bukti ini mendukung identifikasi pegunungan sebagai penitents," tambahnya.

"Namun perbedaan eksotis lingkungan menimbulkan fitur dengan skala yang sangat berbeda," tandasnya, dilansir dari Fox News, Selasa (10/1).

Berita Terkait :

Komentar

Komentar

Silahkan masuk atau daftar untuk memberikan komentar